Membaca Literasi

   Membaca itu menarik dan penting ,Pak Kosasih,Spd, yang mengatakan budaya baca di SMP Negeri 28 Bandung sudah bagus bahkan tidak jarang Pak kosasih menugaskan anak-anak mencari jawaban soal-soal di koleksi buku perpustakaan , dengan cara itu anak-anak akan terbiasa menyanyangi melakukan kunjungan ke perpustakaan .Mereka akan melakukan 3W (wajib kunjung,wajib baca,wajib lapor),kepada wali kelasnya.

   Sedangkan Bu tuty Hermawati,Spd sebagai guru SMP Negeri 28 Bandung menyayangkan masih banyak yang bekum semuanya membaca padahal membaca itu penting .Penting karena dengan membaca buku menjadi bisa,buku adalah gudangnya ilmu,stock ilmu banyak yang diataranya di buku,majalah,koran,tabloid dan masih banyak lagi yang lainnya.
   "Menurut ibu anak yang suka menonton sinetron menjadi malas membacanya ,malas belajarnya,silahkan dan boleh menonton tv tetapi harus diatur ,kapan menonton tv yang tepat kapan belajar,kapan berangkat mengaji dan lainnya," kata Bu tuty.Bu tuty selalu memanfaatkan buku-buku koleksi perpustakaan sebagai bahan ajar.

   Wali kelas VII-B,Ibu Rina Rahmayati,SPd,juga mengatakan anak-anak SMP Negeri 28 Bandung sudah rutin menggelar kegiatan wajib baca di sekolah,termasuk koleksi perpustakaan.Anak-anak dimotivasi untuk mengunjungi perpustakaan dan memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca. Sebenernya bagaimana anaknya,dan orang tuanya, bagaimana cara membimbingnya menonton televisi.Kalau orang tua mampu menjadi tv guide maka anak-anaknya akan selamat ,tetapi kalau sebaliknya, anak-anaknya akan bermasalah dikemudian hari.Kan dilayar televisi selalu diapsang logo SU(semua umur),dewasa,anak-anak,ketika orang tua tegas,insya allah anak-anak akan selamat dari tontonan dan tuntunan televisi yang tidak benar.

   Ibu Dra.Aning Karwati, sebagai guru b.inggris selalu mengajak para siswa rajin membaca,karena itu perintah Allah,karena dengan membaca anak menjadi tahhu. semua buku mata pelajaran,apapun jenisnya akan mudah dipelajari jika sang anak mampu membaca dengan baik dan benar.Anak-anak harus giat belajar dan membaca, katanya.

   Mutiara Clara Mayang sari,adalah salah satu siswa SMP Negeri 28 Bandung yang cerdas.Mutiara selalu menjadikan koleksi buku perpustakaan sekolah sebagai inspirasi belajarnya setiap hari.Apalagi koleksi buku perpustakaannya lengkap.Ruang perpustakaan SMP Negeri 28 Bandung menarik dan representative ,bukunya baik-baik sehingga anak-anak bisa belajar dengan baik.



   

Comments

Popular posts from this blog

Puisi Guruku